Disaksikan Menko Kemaritiman, Bupati dan Rektor ITB Tandatangani MoU Pengembangan Techno Park Pelalawan 

Disaksikan Menko Kemaritiman, Bupati dan Rektor ITB Tandatangani MoU Pengembangan Techno Park Pelalawan 

BANDUNG (RIAUSKY.COM) - Disaksikan Menko Kemaritiman Luhut Binsar Penjaitan. Bupati Pelalawan HM.Harris bersama Rektor ITB Prof. Kadarsyah Suryadi lakukan penandatangan kesepahaman kerja sama pengembangan Techno Park Pelalawan, di Kampus Ganesha ITB Bandung (30 Januari 2019). 

Pada kesempatan ini juga dilakukan penandatanganan Nota Kesepahaman kerjasama antara ITB dengan Sekolah Tinggi Teknologi Pelalawan (ST2P). 

Adanya penandatanganan kesepahaman ini dibenarkan Ir M Syahrul Syarif M. Si Kaban Bappeda Pelalawan,  yang turut mendampingi bupati. 

"Ya,  hari ini,  bapak bupati bersama Rektor ITB telah menandatangani MoU," ucapnya. 

Menurutnya, MoU tersebut merupakan bagian dari kebutuhan dukungan teknologi pada Rencana Pembangunan Pabrik Kelapa Sawit Koperasi Petani Swadaya dengan sistem BOT (Built Operate and Transfer) oleh PT. Pindad Persero, di Kawasan Techno Park Pelalawan.

"Saat ini ITB sedang mengembangkan katalis yang akan mengubah minyak sawit menjadi bahan bakar minyak (BBM). Katalis yang dikembangkan oleh Prof. Subagyo merupakan faktor penting mengubah minyak sawit menjadi BBM," imbuhnya . 

Kemudian terkait keberadaan Menko Kemaritiman,  pada kesempatan ini,  kata Syahrul Syarif adalah memenuhi dijanjikannya saat kunjungan ke Kawasan Techno Park Pelalawan pada 16 Januari 2019 yang lalu. 

"Menko Kemaritiman mendorong Pemda Pelalawan dan ST2P mengambil bagian dalam  mewujudkan kebijakan ketahanan energi nasional, dengan ikut membangun  pabrik kelapa sawit yang menghasilkan Industrial Palm Oil (IPO)," urainya.  

Kemudian Luhut pada kesempatan ini menyampaikan bahwa konversi minyak sawit menjadi BBM ini merupakan proyek super strategis yang wajib didukung oleh stakeholder terkait, termasuk Perintah Daerah. 

Kedepan sambungnya, seiring diditandatangani MoU dengan ITB tersebut, maka rencana pembangun Pabrik IPO akan segera terwujud.

Kemudian tambahnya lagi,  Langkah akan dilakukan Pemda Pelalawan adalah kesepakatan dengan PT. Pertamina sebagai off taker IPO yang dihasilkan di Kawasan Techno Park tersebut. 

Hadir pada kesempatan acara kunjungan Menko Maritim dan rombongan ke ITB dan penandatanganan MoU antara Pemda Pelalawan dan ST2P dengan ITB,  antara lain asoisiasi kelapa sawit Indonesia, Tim Peneliti Katalis ITB (Prof. Subagyo, Dr. Tatang Hernas, Dr. Heri), Dirjen Industri Kimia, Farmasi dan Tekstil Kementerian Perindustrian, PT. Pertamina, PPKS Medan, PT. Pindad Persero, Dirjen Perkebunan. (R09)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index